Home » , » Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran dan Sebaliknya

Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran dan Sebaliknya

Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran - Buat anda yang belum tahu tentang bilangan pecahan, maka kami bahas disini tentang penjelasan dan contoh bilangan campuran. Untuk Bilangan pecahan campuran adalah bilangan pecahan yang merupakan gabungan dari bilangan bulat dengan bilangan pecahan.

Dan kami juga sudah membahas secara gamblang tentang Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Dalam Bentuk Persen atau Desimal dan kamu ketahui juga untuk Gambar Jaring Jaring Bangun Ruang tersebut.


Cara Mudah Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran

Ada beberapa langkah atau cara yang dapat kalian coba untuk mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan campuran, berikut penjelasannya:

Cara Pertama

Kalian harus mencari hasil kelipatan dari bilangan penyebut yang mendekati angka pembilang. Misalkan ketika kalian akan mengubah pecahan 64/5 maka kita cxari dulu kelipatan dari angka 5 yang mendekati 64 tetapi tidak boleh lebih dari angka itu. Kelipatan 5 yang terdekat dengan 64 adalah 60, maka:

64/5 = 60/5 + 4/5

64/5 = 12 + 4/5

64/5 = 12 4/5


Cara Kedua

Selain cara di atas, ada satu cara lagi yang bisa kalian gunakan untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran yaitu dengan membagi pembilang dengan penyebut kemudian mencari sisanya. Kemudian sisa pembagian tersebut dituliskan dalam bentuk pecahan dengan penyebut yang sama. Kita ambil contoh dari soal di atas, 64/5. Karena sulit untuk membagi 64 dengan 5, maka kita bagikan dulu 60 dengan 5. Kemudian sisanya (4) kita tulis dalam bentuk pecahan seperti di bawah ini:

64/5 = 12 + 4/5

64/5 = 12 4/5

 Cara Mudah Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa


Mengubah bilangan pecahan campuran menjadi bilangan pecahan biasa caranya lebih mudah karena kita cukup mengalikan bilangan bulat yang ada dengan penyebutkemudian ditambahkan dengan pembilang. Atau untuk lebih mudahnya kalian bisa melihat rumus di bawah ini:

Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran dan Sebaliknya


Contoh penggunaan rumus diatas:

Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran dan Sebaliknya

Nah, jadi begitulah kira-kira Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran. Apakah kalian sudah paham? Jika belum paham coba kalian baca lagi penjelasan di atas kemudian perhatikan contoh soal yang diberikan serta pahami langkah-langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan soal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.