Home » , » Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Dalam Bentuk Persen atau Desimal

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Dalam Bentuk Persen atau Desimal

Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal - Kami akan berbagi disini untuk anda semua yang bisa anda pelajari secara langsung untuk mengetahui tentang bagaimana untuk bisa menghitung mengitung persen, yang mana banyak sekali orang yang masih belum tahu bagaimana untuk bisa menghitung persen ini yang selalu kita temui di Mall di tempat kita, yang selalu menjanjikan dengan diskon besar-besaran, dan hal itu bagaimana kita bisa menghitung kalau kita mendapatkan diskon tersebut untuk bisa mengetahui hal tersebut maka langsung saja dapatkan dibawah ini penjelasannya dengan cara gamblang oke.


Cara Mudah Mengubah Pecahan Biasa ke Dalam Bentuk Persen dan Desimal 

Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen

Untuk mengubah suatu bilangan pecahan biasa menjadi persen adalah dengan mengubah penyebut yang ada menjadi 100. Apabila penyebut harus dikalikan dengan 5 agar bisa menjadi 100, maka angka pembilangnya pun harus dikalikan dengan 5. Sebagai contoh perhatikan perhitungan di bawah ini:

1/2 = 50/100 = 50%

Untuk mengubah pembilangnya menjadi 100 maka 2 harus dikalikan dengan 50, sehingga angka pembilang 1 juga harus dikalikan dengan 50, sehingga hasil akhirnya adalah 50/100 atau 50%

Mengapa penyebutnya harus diubah menjadi seratus? Karena sebenarnya persen adalah perseratus artinya setiap 1% mewakili 1/100.

Cara Mengubah Persen Menjadi Pecahan Biasa

Mengubah bentuk persen menjadi pecahan biasa bisa kalian lakukan dengan mengubah bentuknya menuju pecahan per seratus. Karena 1% adlah 1/100 maka sangat mudah untuk kita mengubah bilangan persen menjadi pecahan, misalnya 13% berarti bentuk pecahannya adalah 13/100. Akan tetapi dalam beberapa soal terkadang kita harus menyederhanakan bentuk pecahan yang dihasilkan, contohnya:

80% = 80/100 = 8/10

Cara menyederhanakan pecahan adalah dengan mencari angka yang bisa sama-sama membagi pembilang dan penyebut. Pada contoh diatas angka yang bisa membagi 80 dan 100 adalah 10, sehingga hasilnya adalah 8/10. Perhatikan contoh lainnya di bawah ini:

75% = 75/100 = 3/4

Angka yang sama-sama bisa membagi 75 dan 100 adalah 25 sehingga hasilnya adalah 3/4.

Bagaimana, sudah paham? Jika sudah paham mari kita lanjutkan materi selanjutnya yaitu tentang cara mengubah pecahan biasa menjadi bilangan desimal dan sebaliknya.
Cara Mengubah Pecahan Menjadi Bentuk Desimal

Untuk mengubah pecahan biasa agar menjadi bentuk desimal adalah dengan membagi pembilang (angka di atas) dengan penyebut (angka di bawah)

Contohnya:

1/4 = 1 : 4 = 0,25

4/8 = 4 : 8 = 0,5

Cara Mengubah Bilangan Desimal ke Dalam Bentuk Pecahan Biasa

Cara mengubah bilangan desimal menjadi pecahan biasa sebenarnya agak rumit. Tetapi jika kalian perhatikan penjelasan di bawah ini dengan baik pasti kalian akan bisa memahaminya:

Perhatikan jumlah angka yang ada di belakang koma. Apabila ada satu angka di belakang koma, berarti untuk mengubahnya menjadi pecahan letakkan angka yang ada di belakang koma tersebut menjadi pembilang kemudian untuk penyebutnya gunakan angka 10. Contoh:

0, 5 = 5/10 = 1/2

Jika angka dibelakang koma ada dua maka gunakan dua angka tersebut sebagai pembilang kemudian untuk penyebut gunakan angka 100. Contohnya:

0, 15 = 15/100 = 3/20

Akan tetapi bila dua angka yang ada dibelakang koma diawali dengan angka nola, maka cukup gunakan angka yang paling belakang sebagai pembilang dan angka 100 sebagai penyebut. Contoh:

0, 05 = 5/100 = 1/20

Jadi, untuk mengubah bilangan desimal menjadi pecahan, perhatikan jumlah angka yang ada di belakang koma, 1 angka (per sepuluh), dua angka (per seratus), tiga angka (per seribu) dan seterusnya.

Oke sekian dari kami tentang Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Dalam Bentuk Persen atau Desimal yang kami bahas diatas dan semoga bisa menjadi pelajaran yang berguna untuk kamu untuk bisa memahami secara langsung tentang hitung pecahan biasa dijadikan bentuk persen dan juga sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.